Dampak Penggunaan Narkoba Terhadap Prestasi Balajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I    PENDAHULUAN

A.        Lalar Belakang Masalah

B.        Rumusan Masalah.

C.        Tujuan Penelitian

D         Kerangka Pemikiran

H.         Hipotesa

F.        Langkah Penelitian

BAB II    TINJAUAN TEORITIS TENTANG PENGGUNAAN NARKOBA

SERTA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM

A   Penggunaan Narkoba

1. Pengertian

2.   Jenis-Jenis Narkoba

3.   Bahaya Narkoba

4.   Kategori Pengguna serta ciri-cirinya

B.  Prestasi Belajar Mata Pelajaran Agama Islam

1.   Pengertian Prestasi Belajar

2.   Fungsi Prestasi Belajar

3.   Faktor-Faktor yang mempengaruhi Prestasi belajar

4.   Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam

C.  Dampak Penggxmaan Narkoba terliadap

Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Agama

BAB III   TINJAUAN    EMPIRIK    DAMPAK    PENGGUNAAN    NARKOBA TERHADAP     PRESTASI     BELAJAR     SISWA     PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM A.      Kondisi Obyektif MTs Mathla’ul Hikmah

B.       Realitas Penggunaan Narkoba di kalangan siswa MTs Mathla’ul Hikmah serta dampaknya terhadap penurunan prestasi bidang Agama Islam

1.   Realitas Penggunaan Narkoba di kalangan siswa

2.   Realitas Penurunan prestasi belajar bidang Agama Islam

3.  Usaha-usaha sekolah dalam mengatasi penurunan prestasi akibat penggunaan  Narkoba.

C.       Analisis Penelitian

D.       Pembuktian Hipotesis

BAB IV   KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

B.  Saran

DAFTAR PUSTAKALAMPIRAN-LAMPIRAN                           BAB I         PENDAHULUANA. Latar Belakang MasalahAbad 20 merupakan masa di mana umat manusia menghadapi arus spekulasi kehidupan yang teramat dahsyat. Warga dunia berjumpa dengan aneka peristiwa tragis, dramatis maupun gejolak kebahagiaan. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknolgi semakin dirasakun manfaat dan madraratnya hampir di setiap lini kehidupan manusia.Selain perkembangan IPTEK atau rekayasa sains yang sudah maju, abad ini juga mngundang degradasi moral manusia serta penurunan gairah beragama terutama terjadi di kalangan remaja, mahasiswa dan pelajar. Terjadinya degradasi moral di kalangan remaja dan pelajar ini ditandai dengan beberapa hal, salah satunya adalah kecanduan Narkoba.Narkoba (Narkotika dan obat-obat berbahaya), NAZA (Narkotika dan zal aditif) atau NAPZA saat ini rcmai dibicarakan di mana-mana. Produk Syetan ini begitu mudah masuk dan peredarannya di Indonesia sungguh luar biasa, merambah ke seluruh background kehidupan dan tingkat usia mulai dari para pejabat hingga rakyat biasa.Narkoba adalah racun yang bukan saja merusak seseorang secara fisik tetapi juga merusak jiwa dan masa depannya. Secara fisik, semakin lama semakin ambruk semsntara mentalitasnya sudah terlanjur ketergantungsn dan membutuhkan pemenuhan narkoba dalam dosis yang semakin tinggi. Jika tidak bcrhasil    menemukan    narkoba,   tubuhnya   akan    mengadakan   reksi    yang menyakitkan di antaranya sembelit, muntah, muntah, kejang-kejang, dan badan menggigil yang kemudian dikenal dengan nama sakau.Saat ini menurut data kepolisian, para pecandu narkoba sudah mencapai angka 3% ( Departemen Kesehatan RI, Proyek Penyuluhan Kesehatan Jawa Barat, 2005) dan keseluruhan penduduk Indonesia. Sementara itu modus operar di perdagangan narkoba sudah semakin sedemikian canggih. Diantaranya dicampurkan dengan minuman saat pesta, dibungkus permen dan lain-lain.Penggunaan narkoba juga terjadi di lingkungan pendidikan termasuk di leinbaga pendidikan yang berbass Islam seperti Madrasah Tsanawiyah ( MTs). Berdasarkan razia dan penelitian yang diadakan setiap tiga, pada tahun ajaran 2003 / 2004 di MTs Mathla’ul Hikmah Nagarakasih Cibeureum, telah terjaring sebanyak 30 siswa yang terindikasi kecanduan Narkoba. Kenyataan ini tentu saja mengejutkan banyak pihak terutama pihak sekolah dan orangtua murid itu sendiri. ( Wawancara dengan Ibu Anis, Salah seorang guru MTs Mathla’ul Hikmah).Kenyataan seperti itu jika dihubungkan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islamnya sangatlah mengkhawatirkan. Sebab umumnya para pemakai narkoba ini mengalami penurunan prestasi baik di bidang agama maupun umum. Dimulai dari turunnya kedisiplinan sekolah hingga turunnya prestasi beragama seperti sholat. puasa dan sebagainya.Dari 30 siswa tersebut, hampir 90 % mereka mengalami kegagalan belajar meskipun pada akhirnya secara perlahan tapi pasti, sebagian mereka dapat disembuhkan hingga prestasi belajar mereka dapat diperbaiki. Melihat fenomena tersebut jelas memprihatinkan betapa kian kedepan Indonesia bukan semakin maju rnalah mundur beberapa langkah. Masa depan menjadi taruhan. Kesadaran kita untuk menjadikan narkoba sebagai musuh bersama adaah satu-satunya jalan.Berdasarkan latar belakang di atas, penulis tertarik untuk menyusun karya tulis (Skripsi) dengan mengangkat judul “DAMPAK PENGGUNAAN NARKOBA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di MTs Mathla’ul Hikmah Nagarakasih -Cibeureum)”.B. Rurusan MasalahMenurut Muh. Hatta masalah adalah kegiatan atau keadaan yang menimbulkan pertanyaan di dalam hati kita tentang kedudukannya. Kita tidak puas melihat saja melainkan kita ingin mengetahuinya iebih dalam. Masalah berhubungan dengan ilmu, masalah menimbulkan soal yang hams diterangkan oleh ilmu-ilmu yang senantiasa mengemukakan pertanyaan-pertanyaan bagaimana dan apa sebabnya (Moh. Hatta, 1953 : 14).Jadi Masalah merupakan suatu keadaan yang menerangkan keragu-raguan atau ketidakpastian yang tegas dan tepat untuk segera ditanggulangi sehingga mengetahui jalan keluar. Dari dua Variabel yang diteliti, rnaka dapat ditentukan formulas! masalahnya sebagai berikut:1.      Bagaimana pengertian penggunaan narkoba di kalangan siswa di Madrasah Tsanav/iyah Mathla’ul Hikmah ?2.      Bagaimana konsep prestasi belajar siswa MTs Mathla’ul Hikmah dalam nata pelajaran Pendidikan Agama Islam ?3.      Bagaimana dampak penggunaan Narkoba di kalangar; siswa MTs Mathla’ul Hikmah terhadap prestasi belajar mereka dalam mala pelajaran Pendidikan Agama Islam ?C. Tujuan FenelitianTujuan penelitian dalam pembuatan skripsi ini adalah :1.      Untuk mengetahui pengertian penggunaan narkoba di kalangan siswa MTs Mathla’ul Hikmah Cibeureum2.      Untuk mengetahui konsep prestasi belajar siswa MTs Mathla’ul Hikmah dalam mata pelajaran PAI3.      Untuk mengetahui Dampak penggunaan narkoba di kalangan siswa   MTs Mathla’ul Hikmah Gibeureum terhadap prestasi belajar mereka dalam mata pelajaran PAID. Kerangka PemikiranKerangka pemikiran adalah titik tolak dari suatu penelitian sehingga mcnguatkan pardangan terhadap masalah-masalah yang dihadapi.Sehubungan dengan itu Winarno Surakhmad (1982 . 32) mengemukakan bahwa kerangka pemikiran, asumsi, postulat ini menjadi titik tolak di mana tidak menjadi keraguan lagi bagi penyelidik atau peneliti.Pada prinsipnya, belajar adalah perbuatan untuk mengubah tingkah laku individu yang tentunya melalui berbagai macam proses. Kebiasaan merupakan kecenderungan untuk beraksi dengan cara tertentu terhadap suatu rangsangan. Kebiasaan siswa dapat merientukan prestasi siswa itu sendiri. Karena secara keseluruhan setelah seseorang melakukan suatu proses belajar, akhirnya akan diperoleh suatu hasil yang dapat dirasakan oleh yang bersangkutar. Hasil yang diperolch itu lebih dikenal dengan prestasi.Adapun hubungannya dengan kebiasaan menggunakan narkoba, bahwa sangatlah mustahil suatu prestasi akan didapat jika kebiasaan belajarnya sangat negatif. Contoh, belajar memerlukan konsentrasi tinggi melalui membaca, memperhatikan, mendengarkan serta menganalisis. Sementara itu jika kondisi fisik dan mentalnya lemah, loyo, dan sebagainya akibat naroba, maka mustahil prestasi belajar dapat diraih dengan baik. Apalagi jika dihubungkan dengan pengamalan ajaran agama seperti shalat, mengaji, puasa dan lain-lain. Sebagairnana Allah berilrman dalam QS Al-Maidah ; 91 :   Artinya  : Sesungguhnya syaitan sangal ingin ada permusuhan dan saling membenci dengan jalan minum khamar dan judi dan menjauhkan kalian dari ingat kepada Allah dan Shalat. Apakah kalian tidak mau berhenti ?Untuk memudahkan analisa data, penulis membatasi dengan dua variabel yang terdiri dari:1.   Variabel Independent ( Variabel Pengaruh )2.   Variabel Dependent ( Variabel Terpengaruh)



Variabel XPenggunaan Narkoba :a.       Gelisah b.      Mental lisik sakit c.       floros uang d.      Banyak mengunci diri di Kamare.       Lebih senang nongkrongf.        Sikap depensifg.       Terlibat            pencurian,pencopetan.
Variabel YPrestasi PAI:a.       Meninggalkan sholatb.      Jarang maruk sekolah c.        Nilai PAI burukd.      Tidak mengerjakan PR e.       Menolak nasihat baikf.        Membantah   guru dan orang tua g.       Tidak serius belajar.


E. HipotesaHipotesa adalah jawaban yang bersifat sementara dan masih lemah yang masih perlu dibuktikan kebenarannya. Dari arti katanya hipotesa berasal dari dua kata “Hypo” yang artinya dibawah dan “Thesa” yang artinya kebenaran. Jadi hipotesa adalah jawaban yang bersifat sementara terhadap masalah penelitian sampai terbukti melalui data yang terkumpul. (Suharsini Arikunto, 1993: 62)Penelitian yang penulis lakukan ini mengacu pada dua variabel yaitu variabel X dan variabel Y. sementara itu kajian teoritis yang terungkap dalam kerangka pemikiran melahirkan aslimsi bahwa prestasi belajar agama siswa mempunyai ketergantungan dengan terlibat atau tidaknya mereka menggunakan narkoba di MTs mathla’ul hikmah Nagarakasih Cibeureum.Berdasarkan rumusan di atas, penelitian ini akan bertolak dan hipotesis : “Semakin sering menggunakan Narkoba maka semakin turun prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa, sebaliknya semakin jarang / tidak menggunakan narkoba maka semakin baik pula prestasi belajar PAI mereka “.F.   Langkah PenelitianProsedur yang  penulis tempuh dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1.   Menentukan lokasi penelitianPenelitian ini penulis lakukan di MTs Mathla’ul Hikmah Nagarakasih Cibeureum.Menentukan populasi dan sampel a.   PopulasiDalam penelitian ini diperlukan sumber data yaitu populasi dan sampel sebagaimana dikemukakan oleh Suharsini Arikunto (1993: 102) bahwa populasi adalah keseluruhan subyek penelitian baik manusia, benda, peristiwa maupun gejala-gejala yang terjadi. Maka populasi dalam penelitian   ini   adalah   Siswa   MTs   Mathla’ul   Hikmah   yang  terlibat penggunaan narkoba sebanyak 30 orang. b.    SampelSampel  adalah penarikan dari  sebagian populasi  untuk mewakili keseluruhan    populasi.    Sampel    ini    merupakan    subjek    penelitian ( Responden ) untuk memperoleh data. Adapun untuk menentukan besarya Sample  akan berpedoman pada prinsip yang menyatakan bahwa apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga merupakan penelitian populasi. Dan jika subjeknya di atas 100, dapat diambil 10%-15% atau 20%-25% atau lebih (Suharsini Arikunto, 1993: 107). Dalam hal ini penulis mengambil sampel sebanyak 30 orang siswa.        c. Metode PenelitianMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis deskriptif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan. Menurut Winarno Surachmad (1994: 139), metode penelitian deskriptif tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, karena banyak sekali ragam penyelidikan demikian. Metode penyelidikan lebih merupakan istilah umum yang mencakup berbagai teknik deskriptif diantaranya diantaranya adalah penyelidikan dengan teknik penyelidikan yang menuturkan, menganalisa mengklasifikasi dengan teknik survey, interview, angket, studi komparatif, rtuo waktu dan gerak, observasi, study kasus, koperatif atau operasional. 2.   Teknik dan Alat Pengumpulan DataDalam penulisan karya tulis ini, penulis menggunakan teknik dan pengumpulandata sebagai berikut:a.       Observasi, yakni pengumpulan data dimana peneliti mengamati langsung terhadap objek dan gejala yang dihadapi (Winarno, S., 1989: 13).b.       Wawancara.    yakni    kuesioner    lisan    antara    pewawancara    dengan terwawancara (responden).c.       Angket,   adalah   sejumlah  pertanyaan   tertulis  yang  digunakan   untuk memperoleh informasi dari responden tentang pribadinya. Adapun penulis menggunakan angket alasannya adalah:1)      Angket dapat digunakan sebagai alat pengumpul data dan sejumlah besar responden yang menjadi sampel penelitian.2)      Dalam angket responden dapat leluasa karena tidak dapat dipengaruhi oleh sikap mental, dan hubungan antara peneliti dan responden.3)      Setiap jawaban responden dapat ditafsirkan masak-masak karena tidak terikat vvaktu.4)      Data yang terkurapul dapat lebih mudah dianalisa karena pertanyaanyang diajukan kepada responden adalah sama.          d.   Studi kepustakaanTeknik ini digunakan untuk mengungkapkan teori-teori atau konsep yang dapat menunjang data empirik yang penulis teliti.Selain itu penulis juga menggunakan teknik dokumentasi. Teknik ini diperlukan  untuk mendapatkan  data-data yang diperlukan tentang kedua variabel tersebut serta gambaran umum tentang lokasi penelitian. 3.   Analisis DataSetelah data tersebut terkumpul maka langkah selanjutnya adalah menganalisa date untuk mendapatkan interpretasi yang jelas yaitu dengan menggunakan kuantitatif dengan menganailsa statistik “Product Moment“. Dari analisa statistik tersebut selanjutnya akan diperoleh kemungkinan ada dan tidak adanya pengaruh negatif penggunaan narkoba terhadap prestasi belajar agama mereka.Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: a.   Menghitung mean dari variabel x yaitu (x1) dengan rumus :(AnasSujono, 1996: 189) b.   Menghitung mean dari variabel y (y1) dengan rumus :                                                                                      (AnasSujono, 1996: 189)
      c.   Menghitung deviasi standar variabel x (SD x1) dengan rumus :
 (AnasSujono. 1996: 189) d.      Menghitung deviasi standar variabel Y (T1 Sdy) Dengan rumus :   (Anas Sujono, 1996: 190)      e.  Menghitung angka indeks   korelasi antara variabel X danY (yaitu        ) dengan rumus:                             (Anas Sujono, 1996: 189)         f. Untuk menghitung interpretasi dari korelasi pada umumnya dipergunakan pcdoman scbagai berikut :



Besarnya “r”Produk Moment (            ) 0,00 – 0,02   0,20 – 0,40  0,40 – 0,700,70 -0,90 0,90-1,00
Interpretasi Antara variabel X + Y terdapat korelasi, akan tetapi sangat lemah atau   rendah   sehingga   dianggap tidak ada korelasiTerdapat korelasi yang lemah ataurendahTerdapat   korelasi    sedang   ataucukupTerdapat korelasi kuat atau tinggi Sangat kuat atau sangat tinggi



(Anas Sujono, 1996: 180)                     DAFTAR PUSTAKA Abu Al-Ghifari, Generasi Narkoba, Mujahid ; Bandung, 2002 Abu Ahmadi, Psikologi Belajar, Rineka Cipta: Jakarta 1991.Abdul Jalal., Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, Remaja Rosdakarya; Bandung, 1988.Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan, PT. Raja Grafmdo Persada; Jakarta, 1996.Ahmad Tafsir, Metodik Khusus Pelajaran Agama Islam,  Remaja Rosdakarya; Bandung 1991. Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, CV.Toha Putra; Semarang,1989.Departemen Kesehatan RI. Proyek Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Jawa Barat, 1996/1997.D.Ketut Sukardi, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bina Aksara; Jakarta, 1988.Drs Hasan Basri, Remaja berkualitas, Problematika Remaja dan Solusinya, Pustaka Pelajar; Yogyakarta.Dyah   Padmini, Revolusi Hening (Perang Biologi dan Kimia, narkotika dan Psikotropika serla seluk beluknya penyakit kelamin dan AIDS), Angkasa; Bandung, 2000.Fauzan al-Anshari, Abdul-Madjre, Hukuman bagi Komumen Miras dan Narkoba, Khairul Bayati; Cet-1, 2002H Subhan Nurdin, Hukuman Minuman Keras dalam Al-Qur’an, As-Shiddiqie-Press; Bandung.Kartini Kartono, Psikologi Remaja, Mandar Maju; Bandung, 1988M.Arief Hakim, Bahaya Narkoba; Alkohol Serta Cara Islam Mencegah, Mengatasi Dan Melawan, Anggota IKAPI; Bandung, 2004.Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan, Aksara; Bandung, 1992.


 

About these ads

Satu Tanggapan

  1. [...] ketegaran dan perjuangan siswa? Bagaimana mereka dapat mempertahankan dirinya kalau jiwanya lemah seperti itu. Jangan lagi berharap untuk mengandalkan generasi baru ini akan menyelamatkan kita di [...]

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: