Amerika dan Demokrasi

Demokrasi adalah sebuah proses, tapi oleh para elit yang memiliki kekuatan dimanipulasi menjadi cara untuk mencapai tujuan. Bush terpilih sebagai presiden setelah meredam demokrasi di Florida selanjutnya memperalat Mahkamah Agung untuk membatalkan demokrasi. Bush kembali terpilih dengan melumpuhkan demokrasi di Ohio dan beberapa tempat lainnya, kemudian tanpa rasa bersalah membohongi dan mencurangi rakyat Amerika, yang ternyata sangat senang dicurangi. Ini membuktikan bahwa demokrasi Amerika bukan hanya sekedar barang dagangan tapi juga dibuat tak berdaya oleh plutokrat cerdik, korup, dan gila kuasa

Orang mungkin akan sangat terkagum-kagum ketika George W. Bush atau Condoleeza Rice mengatakan “kebebasan sedang bergerak” merambah dunia, dan menyimpulkan bahwa pemerintah Amerika menyebarkan kebebasan dan demokrasi. Padahal pemerintah Amerika saat ini hanya menyebarkan kepentingan mereka sendiri, bahkan bukan untuk kepentingan rakyat Amerika! Kalau Amerika benar-benar menerapkan demokrasi, maka pemerintah saat ini tidak akan pernah dapat berkuasa.

Demokrasi adalah sebuah proses, tapi oleh para elit yang memiliki kekuatan dimanipulasi menjadi cara untuk mencapai tujuan. Bush terpilih sebagai presiden setelah meredam demokrasi di Florida selanjutnya memperalat Mahkamah Agung untuk membatalkan demokrasi. Bush kembali terpilih dengan melumpuhkan demokrasi di Ohio dan beberapa tempat lainnya, kemudian tanpa rasa bersalah membohongi dan mencurangi rakyat Amerika, yang ternyata sangat senang dicurangi. Ini membuktikan bahwa demokrasi Amerika bukan hanya sekedar barang dagangan tapi juga dibuat tak berdaya oleh plutokrat cerdik, korup, dan gila kuasa. Di Amerika, demokrasi hanya diakui jika hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Dan Amerika memandang dunia dengan cara yang persis sama. Menurut Bush, di Iran perlu ada demokrasi, tapi hanya jika demokrasi Iran menghasilkan rezim yang menguntungkan kepentingan Amerika. Jika demokrasi Iran menghasilkan rejim yang anti-Amerika, sesuai dengan kehendak rakyat Iran, maka demokrasi Iran menurut pemerintah Amerika belum dianggap demokrasi.

Menurut pemerintah Amerika, Irak juga perlu demokrasi. Tapi bukan sembarang demokrasi. Irak membutuhkan demokrasi dengan pemerintahan terpilih ditentukan oleh Otoritas Koalisi pimpinan Amerika, otoritas yang menetapkan siapa saja kandidatnya dan memastikan suara dihitung di bawah kendali Amerika. Ide demokrasi Irak menurut Amerika adalah demokrasi yang mempersilahkan perusahaan Amerika menguasai dan mengeruk ekonomi dan kekayaan Irak. Demokrasi Irak yang sesuai dengan kebutuhan rakyak Irak dan menolak campur tangan Amerika tidak akan pernah dipandang sebagai demokrasi yang diakui Amerika.

Pemerintah Amerika yang berkuasa saat ini menggunakan demokrasi dengan cara yang paling kasar dengan tujuan mengakomodasi kepentingannya sendiri. Demokrasi Amerika memalukan dan selalu ingin mencampuri urusan negara lain, sementara melanggar prinsip-prinsip yang mereka sebut-sebut di manapun bahkan di dalam negeri sendiri. Demokrasi Amerika digambarkan sebagai gadis terhormat pada tataran wacana tapi sebagai pelacur dalam prakteknya. Amerika benar-benar lupa bahwa demokrasi, dalam teorinya, adalah murni tentang proses, tapi dilacurkan menjadi cara untuk mencapai tujuan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: