Tentang Aku ( SD Versus Ibtidaiyah )

Sebelum sekolah aku agak susah membedakan bacaan SANYO ( san..yo ) atau ( sanyo ).Kebiasaan nonton TV 14 inc’’ hitam putih kepunyaan kakek dirumah telah membantuku dapat membaca sebelum waktunya.Tapi yang paling berpengaruh besar adalah karena aku sering menonton & ngintip anak anak sekolahan yang lagi belajar berheja hurup yang dibimbing oleh gurunya masing masing.Namun sampai sekarang tetap saja ada satu pelajaran yang masih susah aku mempelajarinya yaitu tentang gramatikal dan istilah istilah sunda seperti Parapian, Dulang, Gentong dan yang semisalnya sehingga tak jarang meski aku orang sunda tetap saja ulangan bahasa sundanya jeblog…&,…amburadul…sangat memalukan tentunya.
Tahun 1990 Aku sempat mengutarakan niatku untuk masuk sekolah dasar, namun kakekku bilang aku masih kecil dan belum cukup umur.lalu aku ngotot kalau aku sudah bisa baca menulis dan menghitung, namun tetap saja ditolak karena alasan yang sama .
Tahun 1991 tepatnya tanggal 21 Juli akhirnya aku diijinkan masuk sekolah dasar yaitu Sekolah Dasar Cigayam V. Pada tahun yang sama aku juga telah masuk sekolah Madrasah Diniyah Nurul Huda Pongporang pimpinan bapak Amil namanya.
Sekolah Agama yang dimulai pukul 13.00 dan diakhri pukul 16.30 WIB-itu memang peraturannya tidak terlalu kekat sehingga akupun kadang kadang terbiasa bolos masuk sekolahnya apalagi kalau bukan karena asatidznya / Gurunya yang seadanya yang tiada lain masyarakat sekitar. Namun meski begitu aku tetap saja senang menjalaninya meski bangku, kursi dan meja tua gurunya sudah lapuk dimakan rayap ditambah lagi buku absensi yang lusuh & kummel, disiplin yang amburadul, sampai pengajarnya yang terkesan hanya memanfa’atkan sisa umur dan waktunya….semoga mereka dibalas dengan balasan yang berlipat disisi Allah Swt….Amien.
Ketika Sekolah Dasar aku biasanya berangkat pagi pagi sekali hal itu dikarenakan aku sering main main sepedahan dahulu bersama teman teman jauhku dan suka balapan…so…ya…main sepeda adalah hobi and kesenangan yang tak tergantikan sampai dewasa sekarang bahkan mungkin sampai tua sekalipun.
Dikelas SD akupun dipercaya menjadi Ketua Murid ( KM ) sampai kelas enam begitu pula di Madrasah Diniyyahpun dipercaya menjadi Mash’ul ( semacam KM ).SLTP pun aku tempuh. SLTP Negeri 3 Banjarsari , Itu adalah nama sekolahnya meski sekarang ( 2007 ) katanya sudah berubah menjadi SMP Negeri 1 Cigayam.Ketua Murid ( KM ) kelas B SLTP pun tetap aku pegang namun sampai kelas Dua saja karena waktu itu ( waktu kelas 3 ) diganti oleh teman karibku Mastono namanya, sedang waktu itu aku menjadi bendaharanya .Kemudian akupun pergi ke Tasikmalaya untuk melanjutkan sekolah ku yaitu kesebuah Aliyah Swasta sekaligus aku mesantren disana dari mulai Tsanawiyah sampai tamat Aliyah dan Mu’alliminnya.Setelah selesai Aliyah dan mesantren akupun melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Tasikmalaya sampai sekarang dan juga Kuliah kursus Ilmu Politik ( keorganisasian ) diwilayah Universitas Siliwangi ( UNSIL ) bersama organisasi yang digeluti yaitu Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia ( KAMMI ) disamping juga mengikuti Pelatihan Pelatihan Khusus satu minggu sekali di wilayah UNSIL pula..Kini tahun 2009 tepatnya dari tanggal 15 Juni, aku sudah bekerja mengabdi di SDIT ‘Ibadurrohman.. mudah-mudahan Allah mengistiqomahkan dan memberikan barakahnya kepadaku untuk tetap bisa berkontribusi dijalan dakwah yang penuh liku ini

Satu Tanggapan

  1. Kang Niendin.. Kalo mau investasi jangan lewat formulabisnis.com. Coba deh liat situs ini: http://otak-atik.com. Lebih baik link ke situ dihapus saja lah. menyesatkan soalnya tuh situs. Masa kang niendin sebagai mahasiswa gak ngeh kalo situs itu teh terlalu berlebihan. pasti banyak ngibulnya

Tinggalkan Balasan

