Jegal Gagal Ginjal

Ginjal atau buah pinggang adakah organ kembar berbentuk seperti kacang yang terletak di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, setinggi pinggang. Ukurannya sebesar kepalan tangan dengan berat sekitar 150 gram. Walaupun kecil bentuknya, tetapi fungsinya sangat vital. Fungsi ginjal yang utama adalah memproses darah sejumlah 120 ml/menit (sekitar 170 liter/hari) dan membuang sampah yang dihasilkan dalam proses metabolisme melalui air kencing yang jumlahnya sekitar 1-2 liter/hari. Fungsi ginjal lainnya adalah mengatur air dan elektrolit, membersihkan obat-obat dan toksin dari dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur produksi sel darah merah, serta menghasilkan hormon dan vitamin D yang aktif untuk menguatkan tulang.
Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, sampah akan tertimbun dalam darah sehingga badan akan terasa tidak enak dan muncul beragam komplikasi, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), anemia, penyakit pembuluh darah jantung, osteoporosis, malnutrisi, gangguan saraf, dll. Gejala tersebut muncul secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama.
Selanjutnya, kondisi ginjal semakin memburuk sehingga pada akhirnya terjadi gagal ginjal. Menurut dr. Suhardjono, Sp. PD-KGH dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kasus gagal ginjal di dunia ini sekarang meningkat lebih dari 50 persen, di Indonesia saja sudah mencapai sekitar 20 persen. Hal tersebut berkaitan dengan perubahan gaya hidup dan pola makan. Gagal ginjal dapat menyerang setiap orang, baik pria maupun wanita, tanpa memndang status sosial ekonomi.
Disfungsi Ginjal
Gagal ginjal adalah suatu keadaan dimana kedua ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya. Gagal ginjal dibagi menjadi gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut timbul secara tiba-tiba dalam hitungan hari atau minggu dan dapat disembuhkan dengan cuci darah satu atau dua kali saja. Sedangkan gagal ginjal kronis timbul perlahan secara menahun membutuhkan pengobatan tetap dan cuci darah secara terus menerus atau dengan cangkok ginjal.
Gejala gagal ginjal pada stadium awal biasanya kurang jelas, karena keluhan baru muncul setelah sel-sel ginjal yang berfungsi tinggal 25 persen, bahkan sekitar 10 persen pada usia muda. Gejala penyakit ginjal dapat digolongkan pada dua golongan, yaitu akut dan kronis. Gejala gagal ginjal akut antara lain adalah bengkak kelopak mata dan kaki; nyeri pinggang hebat/kolik; kencing sakit; demam; kencing sedikit atau malah sering kencing; kencing merah (darah); serta kelainan urin seperti ditemukannya protein, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan bakteri pada urin. Gejala kronis antara lain adalah lemas; tidak ada tenaga; nafsu makan menurun; mual¢ muntah; bengkak; kencing berkurang; gatal; sesak nafas; pucat akibat anemia; serta menyebabkan kelainan urin, seperti ditemukannya protein, eritrosit, dan leukosit ada urin. Kelainan hasil pemeriksaan laboratorium lain adalah kreatini (zat racun dalam darah) naik dan Haemoglobin (Hb) turun.
Penyebab gagal ginjal akut adalah kejadian yang terjadi secara akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, tumor, pembesaran prostat, kekurangan cairan pada diare yang tidak segera diatasi, kekurangan darah pada luka dan operasi, infeksi berat, dan keracunan obat/zat kimia tertentu. Bila tidak ditangani dengan baik, gagal ginjal akut akan berubah menjadi gagal ginjal kronis.
Gagal ginjal kronis lebih disebabkan penyakit ginjal itu sendiri maupun penyakit di luar ginjal. Penyakit ginjal mencakup glomerulonefritis (radang imunologis ginjal), infeksi dan batu ginjal kronis, ginjal polikistik, dll. Penyakit di luar ginjal adalah Diabetes Mellitus, hipertensi, lupus sistemik atau penyakit lain yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, dll.
Pentingnya Air Putih
Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gagal ginjal adalah mengatasi penyakit penyebabnya. Bila menderita diabetes dan hipertensi harus diobati dengan baik, mengurangi berat badan dengan diet sehat, olah raga teratur, dan berhenti merokok. Bila terdapat infeksi ginjal harus segera diobati dan batu ginjal harus segera dihilangkan.
Upaya untuk menjaga kesehatan ginjal diantaranya adalah mencegah terjadinya batu ginjal dengan banyak minum air putih, jangan hanya minum saat haus. Haus sebenarnya merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Bila ditemukan gejala-gejala seperti nyeri pada daerah pinggang disertai mual, muntah, air kencing kemerahan, sering kencing, kadang demam, harus segera periksa ke dokter karena bisa saja gejala tersebut adalah tanda adanya batu ginjal. Diagnosis secara pasti dengan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium darah dan air kencing, USG, IVP (rontgen khusus ginjal) untuk melihat keadaan batu di dalam ginjal. Batu yang kecil kadang dapat keluar sendiri. Pengobatan lebih lanjut diperlukan jika batu berukuran besar karena dapat mengakibatkan terjadinya air kencing tersumbat, infeksi, dan pendarahan terus menerus.
Selain itu, jangan terlalu sering minum obat maupun jamu karena banyak sekali obat dan jamu yang dapat merusak ginjal, diantaranya obat penghilang rasa nyeri (pegal linu, sakit kepala, sakit gigi), obat rematik, obat penggemuk, obat pelangsing, obat yang diklaim sebagai obat tradisional, dan jamu yang dijual bebas di warung, apalagi bila diminum jangka panjang. Anda juga harus semakin waspada jika pada label obat tersebut tidak dicantumkan zat aktif, dosis, indikasi, dan kontra indikasi.
Seseorang yang menderita gagal ginjal tidak perlu putus asa karena masih dapat menjalani kehidupan normal, dibantu dengan cara haemodialisis (cuci darah). Haemodialisis adalah proses pemisahan atau penyaringan sisa-sisa metabolisme melalui selaput semipermeabel dalam mesin dialisis. Darah yang sudah bersih dipompa kembali ke dalam tubuh. Cuci darah bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik yang memiliki unit haemodialisis.
Selain haemodialisis, ada pula terapi yang disebut dialisis peritoneal. Dialisis ini dilakukan pada selaput peritoneal atau rongga perut karena pembuluh darah pada selaput peritoneal berfungsi sebagai saringan ginjal, menyaring dan mengeluarkan sisa metabolisme. Dalam proses tersebut, cairan dialisis dimasukkan ke rongga perut melalui pipa karet yang dipasang dengan operasi kecil. Tanda pasien harus kembali cuci darah adalah bila saat tidur malam terus mengigau. Pasien gagal ginjal dianjurkan tetap berolahraga terautr, makan dengan takaran yang wajar, dan membatasi minum air.
Peran Produk Perlebahan
HD Bee Propolis. Dapat mengurangi peradangan pada ginjal. Aktivitas anti peradangan ada pada salah satu komponennya, yaitu Caffeic Acid Phenetyl Ester (CAPE). Selain itu, CAPE mempunyai khasiat sebagai antioksidan, dapat melindungi ginjal terhadap zat racun yang dapat merusak ginjal. Kandungan lain yang penting adalah flavonoid, yahng berkhasiat antibakteri, baik gram positif maupun gram negatif, dapat membantu mengatasi infeksi pada ginjal. Propolis juga membantu mengatasi penyakit dasar yang menyebabkan gagal ginjal, yaitu Diabetes Mellitus. Cara kerjanya mengatur metabolisme glukosa serta lipid dalam darah sehingga kadar glukosa dalam darah terkontrol.
HD Clover Honey. Mengandung beraneka ragam nutrisi, termasuk asam amino, vitamin, dan mineral. Mineral utamanya adalah kalium yang mampu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dapat terjadinya gagal ginjal. Konsumsi HD Clover Honey secara rutin dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat proses penyembuhan.
HD Liquid Royale Jelly. Mengandung semua vitamin dan nutrisi, termasuk asam pantotenat dan gamma globulin yang membantu tubuh melawan infeksi dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel yang rusak. Royal Jelly juga berfungsi memperbaiki elastisitas pembuluh darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah tinggi.
HD Pollenergy. Merupakan nutrien yang lengkap, mengandung asam amino, multivitamin, mineral, enzim, vitamin B Complex, dan asam folat yang berfungsi meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah serta membantu mengatasi anemia pada pasien gagal ginjal. Proses penyembuhan sel-sel ginjal dapat didorong dengan mengkonsumsi unsur-unsur esensial yang diperlukan untuk membentuk sel-sel baru. HD Pollenergy sangat penting untuk membantu proses penyembuhan sel tubuh yang rusak.
Masing-masing mempunyai manfaat sendiri-sendiri. Akan tetapi, kombinasi HD Propolis, HD Liquid Royale Jelly, HD Pollenergy, dan HD Clover Honey mempunyai efek yang berlipat untuk melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Satu Tanggapan

  1. sahabat saya sembuh dari gagal ginjal, setelah medis angkat tangan, bahkan dokter memvonis umurnya tinggal 1 bulan.

    sampai hari ini (4 bulan sejak di vonis) malah tambah sehat.

    rahasianya? wallahu a’lam. tapi dia usaha dengan pengobatan alternatif.

    ini ulasannya:

    http://ekojuli.wordpress.com/2009/05/04/sahabat-saya-sembuh-dari-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: