Proposal ( Bag.1 LP )

  • Langkah Langkah Penelitian

1. Menentukan Metode Penelitian

Metoda ini di pandang perlu dan penting bagi setiap penelitian ilmiah, karena menggunakan metoda yang salah dapat menimbulkan kekeliruan dan tujuan penelitian menjadi tidak tercapai. Oleh karena itu metoda digunakan untuk mencapai tujuan tertentu secara sistematis. Adapun dalam penentuan jenis datanya adalah dengan menggunakan data kuantitatif dan juga data kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran maupun nilai-nilai data yang diperoleh dengan cara mengubah data-data kualitatif menjadi data kuantitatif ( Ali, 1992 : 151 ) Sedangkan data kualitatif adalah jenis data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati ( Moleong, 1994 : 3 ). Meski diakui langkah penelitian pada masalah ini lebih terpokus kedalam jenis data kualitatif dimana akan bersumber pada hasil pengumpulan dengan teknik observasi dan wawancara.

Pelaksanaan Metode deskriptif ini akan didasarkan pada pendapat Moh. Nazir, Ph.D (1988 : 63 ) yang mengatakan bahwa “Metode deskriptif tidak terbatas hanya sampai pengumpulan data dari penyusunan data tetapi juga meliputi analisis dan interpretasi tentang arti data itu sendiri.

2. Menentukan Teknik Pengumpulan Data

Dalam penelitian ini menggunakan teknik – teknik pengumpulan data sebagai berikut:

a. Observasi langsung

Dengan teknik ini penulis mengadakan pengamatan secara langsung ke objek penelitian, disamping itu untuk mendapatkan data yang tidak bisa terkumpul oleh teknik – teknik lain, terutama untuk data dari sumber sekunder yang bertujuan agar keasliannya dapat di jamin untuk dipergunakan sebagai data. Adapun lokasi penelitian disini adalah Madrasah Tsanawiyah Persatuan Islam No 67 Benda Tasikmalaya dengan alasan: pertama, bahwa lokasi ini dekat dalam artian tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal penulis sementara sekarang; kedua, lokasi ini pun merupakan tempat asal penulis ketika penulis menyelesaikan studi kependidikan formal pada tingkat Takhasus dan Aliyah sehingga dengan begitu akan dirasa lebih efektif dan efisien: dan ketiga, Madrasah Tsanawiyah Persatuan Islam No 67 Benda Tasikmalaya adalah salah satu pesantern dari beberapa pesantren di Jawa Barat yang menggunakan sistem boarding dan full day school dengan memakai kurikulum sistem pendidikan terpadu antara kurikulum pesantren dengan kurikulum departemen agama.

b. Wawancara

Teknik ini merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan sumber data. Wawancara tersebut penulis tujukan kepada Kepala Sekolah, Unsur-unsur terkait dan Tata Usaha Madrasah Tsanawiyah Persatuan Islam No 67 Benda Tasikmalaya untuk mengetahui tentang keadaan umum Sekolah maupun pesantren sebagai objek penelitian.

3. Menentukan Populasi dan Sampel

Untuk memudahkan penulis dalam mengumpulkan data, maka terlebih dahulu menentukan objek yang akan ditelili atau objek yang akan dijadikan penelitian dimana disini penulis hanya menentukan populasi tanpa memakai sampel. Objek penelitian yang dijadikan sumber data penulis tentukan adalah instansi Pondok Pesantren MTs. No 67 Benda Nagarasari dan juga Kantor Departemen Agama Kota Tasikmalaya

4. Studi Kepustakaan

Studi kepustakaan, menurut Surakhmad ( 1990:251 ) adalah penggunaan informasi yang terdapat dalam buku-buku, diktat-diktat, artikel, majalah, surat kabar dan lain-lain. Teknik ini digunakan sebagai penunjang dalam menganalisa masalah teoritik yang akan diteliti. Dengan kata lain studi kepustakaan yang dimaksud disini adalah mendayagunakan berbagai informasi yang terdapat di dalam berbagai literatur untuk menggali konsep dasar yang ditemukan para ahli untuk membantu memecahkan masalah dalam penelitian ini.

5. Analisis Data

Mengenai analisis data penulis mencoba terlebih dahulu mengumpulkan beberapa literatur bacaan sebagai sumber rujukan yang kemudian dijadikan sebagai data teoritis dan menganalisisnya sehingga kemudian digunakan sebagai pelengkap dalam memecahkan masalah penelitian ini. Data yang akan dihimpun dalam penelitian ini dikuantifikasikan kedalam data kualitatif dan data kuantitatif.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: